Ingin DIBERI MAAF Dari Semua Orang (Al Akhfiya’)

Tidak ada kejayaan yang sangat tinggi. Hari ini saya ada di lingkungan orang-orang yang shalih, sebenarnya sudah beberapa bulan ini saya ditemani teman-teman saya yang shalih/hah.
Mereka berbagi mereka bertindak nyata didepan saya. Hari ini saya mengakui saya harus menjauhi segala bentuk apa yang disebut kesombongan. Ingin rasanya hidup ini jauh dari ketanaran dunia yang fana, ingin rasanya menjauh dari kebaikan yang terus disebut-sebutkan diri sendiri baik sengaja atau tidak , ingin rasanya berkhidmad dalam kesedhanaan yang tidak banyak manusia tau. Hari ini terus berkontemplasi, saya rasa orang lain berhak keluar dari penjajahan yang selama ini saya lakukan dan saya juga berharap tidak menjajah diri sendiri dengan mengeksploitasi orang lain.
Hari-hari panjang saya dipenuhi rasa bersalah dengan semua yang saya lakukan akibat interaksi pada orang lain. Jadi ingin seperti Al akhfiya yaitu sahabat -sahabat yang Gemar Menyembunyikan amal-amalnya dari orang lain.
Dia bersembunyi tidak tenar di dunia tapi sungguh tenar bagi penghuni kolong langit.
Imam Ibnul Jauzi rahimahullah menjelaskan perbedaan antara orang-orang yang suka menyembunyikan amalnya sebagaimana ia berkata,

“Berapa banyak orang yang terlihat khusyuk agar dia disebut ahli ibadah. Berapa banyak orang yang diam agar disebut penakut. Berapa banyak orang yang meninggalkan dunia agar disebut orang zuhud. Tanda orang yang ikhlas ialah jika penampakan dirinya sama dengan disaat kesendiriannya. Boleh jadi ia memaksakan diri untuk tersenyum kepada manusia dan berpenampilan sederhana, agar dia mendapat sebutan zuhud. Ibnu Sirin rahimahullah, – tabi’in terkemuka -, biasa tersenyum pada siang hari. Namun jika malam tiba, dia menangis seakan-akan telah membunuh penduduk satu kampung”.

Semoga saya bukan termasuk orang yang seperti itu, pura-pura sholih di depan umumm tapi di diamnya menjadi brutal pada Tuhan. Ya Allah semua yang kami upayakan sungguh hanya ingin kami persembahkan untukmu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s